Pages - Menu

Doa Untuk Kelahiran Anak

Oleh: Ahmad Musawemen, S.Pd.


Ada beberapa adab dan doa yang diambil dari Al-Qur'an dan hadits yang bisa dijadikan rujukan untuk mendoakan calon anak/anak kita. Saya coba sampaikan beberapa adab kepada pembaca.
1. Perbanyaklah membaca Al-Qur'an. Baik oleh calon bapaknya/suami maupun oleh sang calon Ibu/istri.
2. Jaga kelakukan diri dari perbuatan yang tidak baik. Seperti : mudah marah, bergunjing, menyakiti makhluk  lain, dll.
3. Baca doa ini : Robbi hablii minash shoolihiin (surat Ash-Shoffat ayat 100 )artinya: “Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (anak) yang termasuk orang-orang  yang sholeh”.
4. Baca doa ini : Robbi hablii min ladunka dzurriyyatan thoyyibatan, innaka samii'ud du'aa' (surat Ali Imran ayat 38 ) artinya : “Ya Tuhanku berilah aku dari sisi-Mu keturunan yang baik.Sesungguhnya Engkau Maha mendengar (memperkenankan doa)”.
5. Baca doa ini : Robbanaa hab lanaa min azwaajinaa wadzurriyyatinaa qurrota  a'yunin waj'alnaa lilmuttaqiina imaaman (surat Al-furqon ayat 74) artinya : “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami dari istri kami dan keturunan kami yang menyejukkan hati kami dan jadikanlah kami pemuka bagi orang-orang yang    bertakwa”.
6. Bacaan ketika akan melahirkan memperbanyak membaca doa antara lain:
   * ayat kursi ( surat Al Baqoroh ayat 255 )
   * surat Al A'raf ayat 54
   * surat Al Falaq ayat 1 - 5
   * surat An Naas ayat 1 – 6. (hadits riwayat Ibnus Sunni)
7. Bacakan adzan di telinga kanan dan iqomat di telinga kiri ketika bayi telah lahir, agar jin yang mengganggu kanak-kanak (ummush shibyan) tidak akan mengganggu hadits riwayat Ibnus Sunni).
8. Ketika melihat anak yang baru lahir baca doa ini: Innii u'iidzuka bikalimaatillahit taammati min kulli   syaythoonin wa haammatin wamin kulli 'aynin laammatin (hadits riwayat Bukhari) artinya : “Aku berlindung       untuk anak ini dengan kalimat Allah yang sempurna dari segala gangguan syaitan dan gangguan binatang    serta gangguan sorotan mata yang dapat membawa akibat buruk bagi apa yang dilihatnya”.