Pages - Menu

SMA Negeri 1 Bangunrejo Kembali Selenggarakan Study Tour Tahun 2010

Dalam rangka pembelajaran siswa di luar kelas, SMAN 1 Bangunrejo kembali mengadakan study tour yang ke sekian kalinya, pada hari Senin -- Jumat, 14--18 Juni 2010 setelah selesai Ujian Semester. Kegiatan tersebut diikuti oleh siswa-siswi kelas  XI (IPA-IPS) selama 5 hari.
             Adapun objek study tahun ini masih sama dengan tahun sebelumnya, yakni berlokasi di Yogyakarta dan sebagian Jawa Tengah. Tempat-tempat yang dikunjungi meliputi: Pasar Malioboro, Candi Borobudur, Candi Prambanan, Monjali, Pantai Parangtritis, Keraton Yogyakarta, dan masih banyak lagi. Study tour bertujuan untuk menambah wawasan siswa akan budaya/pariwisata tanah air  dan sebagai syarat untuk mengikuti UN/US tahun 2011. Sekitar 112 siswa kelas XI mengikuti kegiatan tersebut dengan didampingi guru pendamping 9 orang dan satu penjaga sekolah.
             Meskipun tidak semua siswa bisa ikut, mereka yang turut serta dalam kegiatan ini mengaku sangat senang karena sebagian dari mereka banyak yang belum pernah mengunjungi tempat-tempat tersebut  (termasuk penulis, hee ..red). Seperti yang dikatakan Furqon dan Selly dari kelas XI IPA 1,”Kami sangat senang bisa mengikuti study tour kali ini, banyak manfaat yang kami peroleh dan pengalaman yang tidak pernah kami lupakan “.
             Hal senada juga disampaikan oleh ketua panitia study tour , Bapak Teguh Sungkowo, S.Sos, “Alhamdulilah study tour tahun ini berjalan lancar, semua terlaksana sesuai dengan yang direncanakan”. Semua rombongan gembira karena seluruh kegiatan dapat berjalan dengan baik dan selamat hingga pulang ke rumah masing-masing. Amin (nov*)


Sambut Siswa Baru, SMAN 1 Bangunrejo Adakan MOS

             Pada tahun pelajaran baru 2010/2011 kemarin, SMAN 1 Bangunrejo menerima pendaftaran siswa baru (PSB) sekitar 280 orang. Dari jumlah itu, calon siswa yang resmi diterima sebanyak 216 orang siswa. Selanjutnya, panitia PSB dan MOS  menggelar kegiatan rutin tahunan untuk siswa baru, yaitu Masa Orientasi Siswa (MOS). MOS tersebut dilaksanakan pada tanggal 12—14 Juli 2010 ( selama 3 hari).
             Pembukaan MOS dimulai pada hari Senin dengan kegiatan upacara oleh anggota OSIS dan Paskibra SMAN 1 Bangunrejo. Dalam amanat pembina upacara, Kepala Sekolah, Bapak Drs. Tri Hartoto, secara resmi membuka acara MOS pada tahun ini.
             Kegiatan MOS kali ini lebih menititikberatkan pada pendidikan mental siswa dan kemampuan menyesuaikan diri yang baik dengan lingkungan  sekolah baru. Di samping itu, banyak pula materi dan pengarahan dari para tutor untuk siswa-siswi baru, mengenai narkoba, miras, keamanan dalam berkendara, yang disampaikan oleh aparat kepolisian Bangunrejo. Sedangkan, masalah kedisiplinan dan cara belajar yang baik disampaikan oleh Waka kesiswaan.
             Dari rangkaian kegiatan yang diberikan, pelaksanaannya berjalan dengan baik dan lancar. Menurut salah satu siswa baru, Vici (16 tahun), kegiatan yang paling mengasyikkan adalah Out bond atau jelajah alam. Karena, kegiatan itu cukup menantang dan baru pertama kali dilakukan. Jadi, bertambah pengalaman.
             Selain itu, acara permainan di lapangan dengan cara berkelompok (team building) juga sangat menarik. Ada main holaho, lempar bola, dan kejar-kejaran di lapangan, sambil diiringi musik. Pokoknya asyik buat hiburan.
             Kegiatan MOS ditutup secara simbolis oleh waka kesiswaan Smansa Bare, Bapak Teguh Sungkowo, S.Sos, pada saat selesai out bond di bukit Watuagung, sekitar pukul 12.30 Wib. Saat itu pula, dilangsungkan acara pembagian kelas untuk siswa baru. Selamat datang siswa baru di Kampus Hijau SMA Negeri 1 Bangunrejo, red. (viki*)


LIPUTAN KHUSUS
RAMADHAN DAN IDUL FITRI 1431 H

          Bulan mulia, bulan yang diberkahi, Ramadhan kembali hadir di kehidupan kita. Kaum muslimin bersuka cita menyambut dan mengisi Ramadhan tahun ini. Ya, Ramadhan memang ditunggu-tunggu karena memiliki banyak sekali keistimewaan. Banyak hikmah dan keutamaan yang dapat dipetik dari bulan yang agung ini.
Untuk itu, tim liputan dari Majalah Cendekia melaporkan hasil liputan kegiatan pada saat  Ramadhan dan Idul Fitri 1431 H kemarin. Berikut laporannya.

Ramadhan Mubarok di Kampus SMAN 1 Bangunrejo

             Kegembiraan akan datangnya Ramadhan Mubarok (bulan yang diberkahi) di kampus SMAN 1 Bangunrejo sangat dirasakan oleh keluarga besar Smansa Bare. Hal itu dibuktikan dengan diselenggarakannya  pengajian akbar menyongsong bulan suci Ramadhan 1431 H.
             Kegiatan bertajuk “Pengajian Akbar Songsong Ramadhan 1431 H” itu dilaksanakan pada hari Sabtu, 7 Agustus 2010 di halaman SMAN 1 Bangunrejo, dari pukul 08.00 – 11.30 Wib. Pada acara itu panitia menghadirkan penceramah kondang dari Kota Pringsewu, yakni Bapak KH. Drs. Fuad Abdillah, yang juga sebagai pimpinan Pondok Pesantren Nurul Huda Pringsewu.
             Pengajian Akbar tersebut dihadiri oleh ± 500 orang yang terdiri dari siswa-siswi SMAN 1 Bangunrejo, dewan guru, staf TU, kepala sekolah, unsur pimpinan desa, koramil, dan kepolisian, serta jamaah masjid di lingkungan Desa Sidorejo, Bangunrejo. Para jamaah begitu antusias mendengarkan ceramah Ustad Fuad yang begitu menyentuh.
             Tujuan diselenggarakan kegiatan itu untuk semakin mempersiapkan diri secara fisik dan mental guna menyambut bulan suci Ramadhan 1431 H. Hal ini dibenarkan oleh Ketua Panitia, Bapak Subandi, S.Pd., saat dikonfirmasi. Beliau menuturkan, “Kegiatan ini sangat positif dan tepat untuk membentuk pribadi siswa yang beriman, dan momen yang pas untuk saling berintsropeksi diri. Sudah siapkah fisik dan mental kita untuk berpuasa Ramadhan? Sudah banyakkah amal ibadah yang kita kerjakan setahun ini? Sementara, Ramadhan akan segera tiba.”.
             Dalam ceramahnya, KH. Fuad Abdillah menyampaikan hikmah pentingnya berpuasa bagi kita. Selain itu, beliau juga mengajak para jamaah agar bersemangat menyambut ibadah puasa Ramadhan. “Mari kita jadikan Ramadhan tahun ini sebagai momen untuk bermuhasabah, saling mengoreksi diri, apakah ibadah puasa kita selama ini sudah bagus? Apakah puasa tahun ini akan lebih baik dari tahun kemarin. Tanyakan pada hati nurani kita masing-masing. Mari kita jadikan puasa tahun ini harus lebih baik dari yang kemarin”, demikian ajakan Ustad Fuad pada semua hadirin. (rad*)

Pesantren Kilat Ramadhan 1431 H

             Dalam rangka menyemarakkan kegiatan di bulan Ramadhan tahun ini panitia juga menyelenggarakan “Pesantren Kilat Ramadhan 1431 H” di kampus Smansa Bare. Pesantren kilat itu dilaksanakan pada tanggal 2 – 4 September 2010, bertepatan dengan hari ke-23, 24, dan 25 puasa Ramadhan.
             Kegiatan Sanlat yang dilaksanakan selama tiga hari itu dikhususkan untuk seluruh siswa Kelas X yang beragama Islam.  Hal ini dalam rangka membentuk pribadi (mental) siswa yang masih baru, sehingga mudah diarahkan. Tujuan yang diharapkan adalah siswa-siswi dapat meningkat pemahaman dan pengamalan agamanya. Karena, pelajaran agama (2 jam per minggu) dirasakan sangat kurang.
             Adapun materi kajian dalam Sanlat kemarin adalah fikih, ibadah, muamalah, akhlaq, tarikh, Al Quran, Hadist, dll. Para siswa ditausiahi banyak ilmu agama oleh para ustad dari SMAN 1 Bangunrejo, yakni dewan guru dan guru agama. Wah banyak juga ya guru jadi ustad, red.
             Para peserta begitu semangatnya mendengarkan isi ceramah langsung dari gurunya, seperti Ustad Sobirin, Ustad Emen, Ustad Subandi, Ustad Radit, Ustad Fauzi (Bejo), Ustadzah Siti Rohayah, Ustadzah Lilis Apriyanti dan Ustadzah Nuri. Tak ketinggalan, kepala sekolah baru, Bapak Hi. Achmad Syarief Hamka, S.Pd. juga turut menjadi ustad dan mengisi ceramah.
             Mereka tersenyum-senyum melihat ustad ‘dadakan’ berceramah. Meskipun begitu, mereka salut juga dengan gurunya yang pandai mengaji dan bagus pemahaman agamanya.
             Santri-santri ‘dadakan’ juga merasakan banyak manfaat positif dengan adanya Sanlat itu. Selain mendapat wawasan keagamaan, mereka juga mendapat bimbingan membaca Al Quran (tadarus) dan Sholat Dhuha. Pokoknya sangat baguslah kegiatan tersebut. (rad*)

Kemeriahan Idul Fitri 1431 H dan Halal Bil Halal

             Setelah larut dalam keikhlasan berpuasa Ramadhan sebulan penuh, saat yang ditunggu-tunggu datang juga. Hari yang sangat berharga bagi umat Islam, yakni Hari Raya Idul Fitri telah tiba, tepat pada hari Jumat, 10 September 2010. Hari itu umat Islam merayakan  kemenangan setelah mengalahkan hawa nafsu selama 1 bulan. Hati kembali suci di hari yang fitri. Kebahagiaan dirasakan begitu dalam bisa bertemu dengan Idul Fitri kembali.
             Kegembiraan terpancar di wajah-wajah anggota keluarga besar SMAN 1 Bangunrejo, saat bertatap muka dalam acara “Silaturahmi dan Halal Bil Halal” kemarin di kediaman Bapak Drs. Tri Hartoto, Jalan Durian No. 59, 21 C (Yosodadi) Metro Pusat, tepatnya pada hari Rabu, 15 September 2010 (lebaran ke-6).
              Acara halal bil halal itu sangat meriah dan ramai karena banyak sekali tamu yang datang. Kebanyakan mereka adalah guru-guru dan keluarganya. Ternyata para tamu itu berasal dari dua sekolah yang cukup besar, yaitu SMAN 1 Bangunrejo dan SMAN 1 Trimurjo Lampung Tengah. Pak Tri memang mengadakan ‘Open House’ untuk para tamu dari kalangan guru SMA itu.
             Acara tersebut diawali dengan saling bermaafan (bersalaman) sesama tamu, kemudian  makan bersama dengan menu yang cukup lezat; ada rendang sapi, sambal kikil, pecel, sop, dll. Seluruh tamu yang datang langsung disuruh menuju ruang makan di tengah. Layaknya pesta hajatan/resepsi, para tamu harus antre menunggu giliran ambil makanan. Setelah makan-makan, acara dilanjutkan dengan ramah tamah sambil menikmati kue lebaran dan minuman.
             Sehabis shalat Dzuhur, rombongan guru Smansa Bare pamit pulang. Selanjutnya, menuju rumah Pak Wibowo (mantan Kepala Smansa Bare ke-2) di Purwoasri, Metro Utara. Di sana Pak Bowo telah siap menyambut rombongan tamu dari SMA ini. Dengan senyum ramahnya beliau menyalami para tamu. Kemudian, acaranya adalah makan kue lebaran  sambil ngobrol. Tepat pukul 14.00 rombongan guru permisi untuk pulang ke rumah masing-masing.
             Meskipun kunjungan itu cukup lelah dan jauh, semua guru yang ikut merasa gembira dan puas karena telah ‘dilayani’ dengan baik oleh tuan rumah.. Hanya doa yang dapat disampaikan kepada Bapak Kepala Sekolah itu, Semoga diberi keberkahan dan balasan imbalan yang besar oleh Allah Swt. Amin. (rad*)