Pages - Menu

STRUKTUR LAPISAN LITOSFER

Litosfer adalah lapisan kulit bumi paling luar berupa batuan padat. Litosfer tersusun atas 2 lapisan yaitu kerak dan selubung yang tebalnya ± 50 -100 km. Litosfer merupakan lempeng yang bergerak sehingga dapat menimbulkan pergeseran benua.

Tebal lapisan kerak bumi tidak sama di semua tempat. Secara umum tebal kerak bumi di bawah benua ± 30 – 50 km, sedangkan di bawah samudera ketebalannya  ± 10 – 12 km. Meskipun ketebalannya berbeda-beda, kerak bumi masing-masing tersusun atas lapisan yang sama, yaitu lapisan sial (silisium dan alumunium) serta lapisan sima (silisium dan magnesium). Lapisan sial berada di bagian atas dari kerak bumi, sedangkan lapisan sima berada di bagian bawah kerak bumi.

Lapisan yang berada paling luar dari kerak bumi bersifat granitis sehingga disebut lapisangranitis. Hal itu karena materi penyusun lapisan yang dominan batuan granit. Lapisan granitis tebalnya sekitar 10 km. Namun, lapisan granitis tidak terdapat di semua tempat.

Setelah lapisan granitis terdapat lapisan yang bersifat basaltis sehingga disebut lapisan basaltis. Hal itu karena materi penyusun lapisan yang dominan berupa materi basalt bersifat basa. Lapisan basalt tebalnya mencapai ± 50 km.