Pages - Menu

Cluster, Nebula dan Galaksi

4. Cluster, nebula dan galaksi

4.1 Cluster

Ada juga bintang membentuk kelompok. Pada langkah pertama dari skala ini adalah gugus bola, adalah kelompok raksasa dari bintang-bintang yang sekitar 15 juta tahun, sangat mirip dengan Bima Sakti.

Pada langkah terakhir adalah cluster terbuka. Setelah pengenalan singkat badan-badan surgawi.


4.2 Globular Cluster

Cluster terbuka lebih terorganisir dan kompak adalah gugus bola. Sebuah gugus bola adalah bola padat bintang yang berisi ratusan ribu bintang individu. gugus bola di galaksi tersebar di sekitar lingkaran bulat galaksi, dan berisi beberapa bintang tertua di galaksi.

Ada sekitar 150 gugus bola di galaksi kita. Telah diidentifikasi di galaksi lain seperti gugus bola didistribusikan dalam lingkaran cahaya bulat, misalnya lebih dari 300 di galaksi Andromeda M31, dan sekitar 6.000 di sekitar M87. Jumlah bintang yang begitu tinggi dan jarak relatif kecil sehingga mereka terikat gravitasi kelompok dalam parsec kubik tunggal ruang dapat memiliki hingga 1.000 bintang, masing-masing bintang yang bergerak orbit lebih atau kurang elips di sekitar pusat cluster.

Distribusi dari cluster menunjukkan bahwa mereka terbentuk ketika galaksi masih muda, 15.000-18000000000 tahun yang lalu, model apapun harus memberikan usia alam semesta big bang sekitar 20.000 juta tahun atau lebih. gugus bola terutama mengandung Penduduk bintang II, banyak yang telah berkembang menjadi raksasa merah.


M5 Tujuan (NGC 5904) citra adalah gugus bola yang indah di belahan bumi utara, bagian dari konstelasi Serpens. Lokasinya sangat mudah di bulan-bulan musim panas.


Diamati melalui teleskop kecil muncul sebagai kecil, bola fuzzy, tetapi dengan instrumen bukaan yang lebih besar (200 mm Atau lebih. Dalam diameter) membuat orang-bola dalam ribuan bintang.
Cluster belahan bumi utara bola terbaik adalah M13 di rasi Hercules, dengan kekuatan 5,8, diameter 14 "dan berlokasi di 23.000 tahun cahaya jauhnya, memiliki lebar 100 tahun cahaya. Mudah untuk menemukan dalam trapesium kecil Hercules, dalam garis yang menghubungkan dua bintang Zeta dan Eta.

4.3 Cluster Terbuka
Sebuah cluster terbuka adalah kelompok atau cluster bintang yang tidak teratur pada pandangan pertama kali muncul sebagai tambalan cahaya. Juga disebut kluster galaksi, akan terletak relatif dekat dengan kita dalam bidang galaksi kita.
Open cluster yang mengandung muda, bintang panas Penduduk aku yang telah terbentuk baru-baru di piringan galaksi. Buka cluster dari catatan yang berikut ini, semua terlihat di belahan bumi utara:


Sekitar nebula M45 cluster terbuka, biasanya disebut Pleiades, adalah refleksi (foto).

4.4 Nebula

Nebula adalah awan gas dan debu yang muncul kabur pada pandangan pertama. Benda-benda langit ini adalah beberapa objek yang paling indah yang dapat diamati di angkasa. Nebula Kata berasal dari bahasa Yunani dan berarti awan. Nebula memainkan peranan penting sebagai bintang baru di dalam terbentuk karena keruntuhan gravitasi. Dari gas terbentuk pada awal sejarah alam semesta. Debu dan unsur berat berasal dari lebih baru, karena mereka telah terbentuk di bintang-bintang yang dilepaskan ke dalam medium antarbintang pada akhir hidup mereka kurang lebih kekerasan (supernova).
Nebula ini dibagi menjadi tiga tipe dasar:
1) Refleksi nenula.
2) Emisi nebula.
3) Penyerapan atau nebula gelap.
4) Nebula planet.
1. Refleksi nebula,. Adalah awan debu yang mencerminkan atom cahaya bintang di dekatnya, sehingga mereka menunjukkan warna yang sama dengan bintang-bintang yang cahayanya tercermin, contoh adalah nebula biru sekitar Pleiades . Muncul lebih biru dari bintang karena cara di mana cahaya bintang tersebar oleh partikel debu di nebula (setara dengan hamburan cahaya membuat biru langit).
2. Emisi nebula: bersinar karena atom mereka, bersemangat oleh radiasi dari bintang-bintang di dekatnya, mereka menjadi sumber radiasi. Awan gas menerima energi radiasi oleh bintang-bintang panas di dekatnya dan merah yang ditunjukkan pada gambar astronomi karena radiasi karakteristik hidrogen di wilayah merah spektrum.


Nebula Amerika Utara di konstelasi Cygnus, adalah contoh dari nebula emisi nebula penyerapan yang mendefinisikan batas-batas kita rasakan. zona Setara di Teluk Meksiko, ada beberapa bintang karena penyerapan nebula gelap yang terletak di dalamnya.
3. Penyerapan nebula: awan besar kaya debu yang menyerap cahaya dan optik terlihat hanya ketika di belakang mereka adalah sumber cahaya, yang mereka dapat unggul.
Garis gelap besar yang membagi Bima Sakti dalam dua dalam konstelasi Swan dan Elang juga karena awan debu gelap.
4. Planetary nebula, nebula beberapa merupakan gudang cangkang gas dari bintang-bintang sekarat. Istilah ini digunakan oleh Herschell karena penampilan mereka dan sangat terbatas melingkar mengingatkan disk planet, maka namanya.
A planetary nebula bersinar karena cahaya (UV) dari bintang itu adalah asosiasi tersebut diserap oleh atom di nebula dan reradiated. Mereka adalah bintang-bintang tua mendepak materi ke angkasa (untuk memperkaya materi antar bintang dengan unsur-unsur berat) dan berada di jalur untuk menjadi putih kerdil, yaitu inti bintang raksasa merah yang telah kehilangan lapisan luar mereka. Sebuah nebula planet adalah transisi dari raksasa merah ke kerdil putih. Ada beberapa nebula planet 1.500 katalog.


Nebula Trifid, M20 di Sagitarius, adalah nebula emisi, merah anggur, sedangkan biru adalah nebula refleksi.

4.5 Galaksi
Galaksi adalah array raksasa jutaan atau milyaran bintang, gas dan debu yang diselenggarakan bersama oleh gravitasi untuk membentuk galaksi disk 30 kiloparsecs (1 kiloparsec = 1000 parsec dan 1 parsec = 3,2616 tahun cahaya) dengan diameter dikelilingi oleh lingkaran cahaya dari gugus bola terlihat. Galaksi adalah benda langit yang paling megah. Sebuah pulau materi di ruang angkasa.

Uma terletak di M81 adalah galaksi tipe Sb mirip dengan galaksi kita, yang disebut Bima Sakti.
Orbit disc-bintang di sekitar pusat galaksi. Kecepatan masing-masing bintang dalam orbitnya mengelilingi pusat tergantung pada jarak dari pusat galaksi: bintang-bintang terjauh dari pusat bergerak lebih lambat dari bintang-bintang terdekat untuk itu. Matahari bergerak dalam orbitnya sekitar 250 km S /,. dan kebutuhan sekitar 225 juta tahun untuk mengorbit galaksi.
Bagian-bagian dari spiral galaksi adalah:
1) inti atau tonjolan.
2) cakram akresi.
3) gugus bola.
Inti dari galaksi spiral datang dalam dua titik yang berlawanan diametris dua atau lengan spiral lebih yang dikerahkan di sekitar inti berputar spiral.
Dalam halo dan daerah pusat hanya ada bintang merah dan tua (15 juta tahun), terutama di gugus bola, yang dikenal sebagai Penduduk II. Bintang-bintang muda Penduduk aku bintang-bintang deret utama biasanya panas dan berada di lengan spiral galaksi, yang memicu pembentukan bintang terus menerus, bintang di lengan spiral yang terus bergerak dan memudar sebagai usia, tetapi struktur spiral tidak memakai karena mereka terus-menerus lahir bintang-bintang biru di sepanjang tepi bagian dalam lengan. Penduduk Aku bintang ditemukan dalam kelompok terbuka dan benda-benda menyebar seperti nebula.
Kebanyakan galaksi terlalu pucat dan terlalu jauh untuk dirasakan dengan mata telanjang atau dengan teropong, kecuali galaksi Andromeda M31 terlihat dengan mata telanjang sebagai blur, tetapi menarik untuk mempelajari bentuk mereka dengan teleskop.

Galaksi cenderung terjadi dalam kelompok, yang disebut kelompok galaksi bersama oleh gravitasi. Galaksi kita adalah anggota dari cluster yang disebut Grup Lokal, yang hanya memiliki sekitar 40 anggota, termasuk Galaxy Andromeda, The Awan Magellan, dan beberapa galaksi kerdil.
Cluster galaksi terbesar dan dekat dengan kita adalah cluster Virgo, dengan 2.500 galaksi. Gugus galaksi dikelompokkan menjadi superkluster, dan Grup Lokal adalah bagian dari supercluster Virgo.
Sumber: http://www.elcielodelmes.com