Pages - Menu

RUANG LINGKUP GEOGRAFI

1. Pengertian Geografi

Perkembangan ilmu geografi diawali dari pengenalan manusia terhadap alam lingkungannya, baik yang mendukung atau yang menghalangi kehidupannya. Pengenalan itu tidak hanya terbatas pada wilayahnya sendiri, tetapi sampai ke wilayah lain. Hal ini didorong oleh upaya pemenuhan kebutuhan yang tidak terdapat di wilayahnya.

Kegiatan perjalanan dan perdagangan dapat memperluas pengetahuan manusia mengenai daerah yang dikunjunginya, baik mengenai keadaan alam maupun budaya penduduknya. Pengetahuan itu mula-mula hanya disampaikan dalam bentuk cerita oleh seseorang kepada orang lain. Adapun untuk mempermudah perjalanan berkutnya, pengalaman perjalanan tersebut dilukiskan dalam bentuk peta.

Makin luas pengenalan dan pengetahuan tentang wilayah, termasuk aspek alam dan budaya penduduk, selajutnya cerita perjalanan disajikan dalam bentuk tertulis. Dokumen itulah yang kemudian menjadi dasar pengetahuan geografi.

Kata Geografi berasal dari bahasa Yunani, yaitu geo dan graphien..Geo artinya bumi dan graphein artinya tulisan. Secara umum geografi berarti tulisan tentang bumi. Istilah geografi pertama kali diperkenalkan oleh Eratosthenes dengan nama geographica.

Perhatian tentang bumi dalam geografi bukan hannya berhubungan dengan fisik alamiah bumi dan bagian-bagian alam semesta yang berpengaruh terhadap bumi saja. Akan tetapi, meliputi fenomena yang ada di permukaan bumi, baik lingkungan fisik maupun sosial.

Perhatikanlah lingkungan atau wilayah sekitar kita! Di dalamnya terdapat lingkungan fisik antara lain tanah, air, dan udara, serta makhluk hidup, yaitu manusia, hewan dan tumbuhan. Antara manusia dan lingkungannya terdapat hubungan timbal balik. Misalnya, di satu sisi manusis amebutuhkan lahan yang subur untuk bercocok tanam, sedangkan di lain sisi terjadi kerusakan lingkungan akibat perbuatan manusia. Kerusakan tersebut antara lain penggundulan hutan dan eksplorasi bahan tambang.

Hubungan timbal balik antara manusia dan lingkungannya itu disebut interaksi yang merupakan inti kajian geografi.

Meskipun interaksi antara manusia dengan lingkungannya merupakan inti kajian geografi, terdapat beberapa pendapat mengenai hakikat, konsep, dan batasan geografi, antara lain sebagai berikut.
a. Strabo (1970): Geografi erat kaitannya dengan faktor lokasi, karakteristik tertentu, dan hubungan antarwilayah secara keseluruhan. Konsep itu disebut Natural Attribute of Place.

b. Preston E. James (1959): Geografi dapat dianggap sebagai induk ilmu pengetahuan karena banyak bidang ilmu pengetahuan yang selalu dimuai dari keadaan permukaan bumi, kemudian beralih pada studinya masing-masing.

c. Frank Debenham (1950): Ia berpendapat bahwa tugas ahli geografi adalah sebagai berikut,
1) Mwngadakan penafsiran terhadap persebaran fakta.
2) Menemukan hubungan antara kehidupan manusia dan lingkungan fisik.
3) Menjelaskan interaksi antara kekuatan manusia dan alam.

d. James Fairgrive 1966): Geografi memiliki nilai edukatif yang dapat mendidik manusia untuk berpikir kritis dan bertanggung jawab terhadap kemajuan-kemajuan di dunia. Ia juga berpendapat bahwa peta sangat penting untuk menjawab pertanyaan 'di mana" dari berbagai aspek dan gejala geografi.

e. Prof. Bintarto (1981): Geografi mempelajari hubungan kausal gejala-gejala di permukaan bumi, baik yang bersifat fisik maupun yang menyangkut makhluk hidup beserta permasalahannya melalui pendekatan keruangan, kelingkungan, dan region untuk kepentingan program, proses, dan keberhasilan pembangunan.

f. Hasil Seminar dan Lokakarya Ikatan Geografi Indonesia (IGI) di Semarang, tahun 1988: Geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kelingkungan dan kewilayahan dalam konteks keruangan.

Meslipun terdapat perbedaan pandangan mengenai geografi, tetapi semua ahli geografi sepakat adanya elemen-lemen yang sama sebagai berikut.
a. Geografi termasuk ilmu pengetahuan bumi (earth science)dengan objek permukaan bumi sebagai lingkungan hidup manusia dan lingkungan tempat manusia dapat mengubah dan membangunnya.

b. Geografi memperhatikan perbedaan manusia dalam ruang dan hubungan manusia dengan lingkungannya. Ahli geografi mencari cara untuk memanfaatkan ruang dan sumber daya dengan menekankan pada pengelolaan wilayah yang tepat.

c. Dalam geografi terdapat unsur-unsur utama, atara lain jarak, interaksi, gerakan, dan persebaran.