Pages - Menu

Pengantar Astronomi

1. Posisi astronomi

 1.1 Gerakan Bumi - Rotasi

Bumi, seperti benda langit lainnya, tidak diam, tetapi tunduk pada bergerak lebih dari sepuluh. Dalam mata kuliah ini kita akan mempertimbangkan hanya empat yang paling penting.
.- Rotasi Bumi setiap 24 jam, setiap jam 23 tepat 56 menit, membuat sebuah lingkaran lengkap sekitar sumbu yang ideal melewati kutub, menuju ke barat-timur, ke arah depan (berlawanan arah jarum jam) Hal ini menciptakan kesan bahwa langit berputar-putar di sekitar planet kita. Gerakan ini, yang disebut rotasi, harus suksesi hari dan malam, dengan waktu hari ketika cakrawala kita diterangi oleh matahari, dan di malam hari ketika cakrawala tersembunyi dari matahari. Setengah dari dunia akan diterangi, dalam setengah hari sementara di sisi gelap di malam hari. Dalam rotasi mereka, gerakan benua dari hari ke malam dan bermalam.

Terjemahan .- Gerakan terjemahan adalah gerakan utama dari bumi, dimana bumi kita bergerak mengelilingi matahari didorong oleh gravitasi, dan dalam waktu 365 hari, 5 jam dan 57 menit, setara dengan 365,2422 yang panjang tahun. Planet kita menggambarkan jalur elips 930 juta kilometer, pada jarak rata-rata dari Matahari dari 150 juta kilometer, peringkat raja matahari salah satu fokus, jarak Matahari-Bumi adalah 1 AU (Astronomical Unit adalah sama dengan jarak rata-rata antara Matahari dan Bumi, yaitu 149.675.000 km).
Sebagai hasil dari cara yang sangat panjang sampai Bumi melalui ruang pada kecepatan 29,5 kilometer per detik, perjalanan 106.000 mil per jam, atau 2.544.000 mil sehari.
Eksentrisitas dari orbit bumi bervariasi jarak antara Bumi dan Matahari dalam perjalanan tahun. Pada awal Januari, Bumi mencapai paling dekat ke Matahari dan dikatakan melewati perihelion, pada awal Juli dan mencapai jarak maksimum dan berada di aphelion. Bumi-Matahari jarak pada perihelion adalah 142.700.000 km dan jarak bumi-matahari di aphelion adalah 151.800.000 mil.


1.2 Mutasi bumi - Presesi

Rotasi dan translasi hanya akan dijalankan jika bumi benar-benar bulat, tetapi sebagai tiang ellipsoid berbentuk tidak beraturan hancur oleh tarikan gravitasi Matahari dan Bulan, dan untuk tingkat yang lebih rendah dari planet pada Pelebaran khatulistiwa memimpin semacam sangat lambat bergulir di Bumi selama gerakannya. Gerakan ini disebut presesi dan presesi dari, yang berlangsung dalam arah berlawanan putaran, yaitu dalam retrograde (rotasi searah jarum jam).
Di bawah pengaruh obyek wisata ini, sumbu kutub bumi akan menjelaskan sebuah kerucut 47 derajat pembukaan yang apeks di pusat bumi.
Gerakan ini dapat dibandingkan dengan menyeimbangkan berputar atas itu, memutar porosnya, bervariasi perlahan-lahan sambil bergerak melalui ruang, hal serupa terjadi dengan Bumi.
Karena presesi dari diberikan konsekuensi berikut:
1) Posisi kutub langit berubah selama berabad-abad. Saat ini Bintang Utara (yang disebut karena dekat Kutub Celestial), Umi, adalah bintang yang tidak identik dengan Celestial Kutub Utara, jarak dari Polaris ke Polo sekitar 1 detik, semakin selaras sampai 2015 pada jarak 30 ', lalu menjauh perlahan menggambarkan sebuah lingkaran besar untuk mendapatkan sedikit dekat ke posisi saat ini setelah selang 25.765 tahun.
2) Perpindahan dari astronomi koordinat grid (AR d) sehubungan dengan bintang-bintang. Aries Point dan koordinat bintang-bintang berubah secara kontinyu. Meskipun terlihat, pergeseran ini adalah signifikan selama jangka waktu yang lama dan memerlukan koreksi terus-menerus surgawi koordinat ini selama satu tahun tertentu. Saat ini standar ditetapkan untuk awal 2000.
3) Slide lambat tapi stabil yang terjadi antara rasi bintang dan tanda-tanda zodiak, yang dihubungkan ke stasiun ke bumi dalam gerakannya. Sedangkan saat ini, selama malam-malam musim dingin, kami mengamati beberapa konstelasi seperti Taurus dan Gemini, Matahari berada di rasi bintang musim panas dan Scorpio dan Sagitarius. Nah, dalam waktu 13.000 tahun di malam musim dingin yang diamati Scorpio dan Sagitarius sebagai Matahari akan berada di rasi bintang Taurus dan Gemini rasi bintang yang telah menjadi musim panas. Mari kita lihat gambar gerakan ini.

Fenomena kedua yang tumpang tindih dengan presesi, angguk kepala adalah goyangan kecil sumbu bumi. Seperti bumi tidak bulat namun rata di kutub, tarikan bulan pada tonjolan khatulistiwa bumi menyebabkan fenomena angguk kepala. Untuk mendapatkan ide dari gerakan ini, bayangkan bahwa, sementara sumbu rotasi menggambarkan gerak presesi kerucut, menjalankan giliran elips kecil atau loop selama 18,6 tahun, dan lingkaran penuh presesi (25 767 tahun) Bumi akan telah membuat lebih dari 1.300 loop.

1.3 Lingkungan langit
 
Sebagai diameter khatulistiwa dan kutub hampir sama, untuk memecahkan banyak masalah astronomi dan navigasi, diasumsikan bahwa Bumi adalah bola yang disebut bola langit.
.- Para koordinat geografis adalah mereka koordinat yang menunjukkan posisi pengamat di permukaan bumi. Koordinat ini adalah sangat penting dalam navigasi, sebagai salah satu masalah utama adalah untuk mendapatkan situasi, misalnya, pengamat atau perahu.
Sebelum menjelaskan koordinat ini kita mendefinisikan titik-titik dan garis-garis lingkup terestrial kami:
1.Eje dan kutub, bumi berputar di sekitar sumbu disebut sumbu bumi, atau batang Dunia, atau Saluran dari Polandia. Pada akhir sumbu ini disebut Kutub Utara (NP) dan Kutub Selatan (PS).
2.Ecuador: lingkaran besar normal terhadap sumbu Bumi. Kutub adalah 90 derajat terpisah Ekuador. Ekuador membagi bumi menjadi dua belahan, atau belahan otak, disebut belahan bumi utara dan belahan bumi selatan, menurut Polo yang memiliki inti mereka.
3.Paralelos: adalah lingkaran kecil sejajar dengan Ekuador, ada paralel tak terbatas namun memiliki nama khusus berikut:
"Tropic of Cancer di belahan bumi utara lintang dipisahkan dari Ekuador 23 º 27 '.
"Tropic of Capricorn: Paralel paralel Kanker simetris di belahan bumi selatan, sehingga juga dipisahkan dari Ekuador pada 23 ° 27 '.
"Arctic Circle: Paralel yang terpisah dari Kutub Utara 23 ° 27 '.
"Antartika Circle di lintang yang dipisahkan dari Kutub Selatan 23 ° 27 '.
Bumi dibagi oleh paralel di lima daerah yang memiliki nama yang berbeda yang kita lihat dalam unit pengajaran berikutnya.

1.4 Koordinat Geografis
 
Kami terus berbicara tentang koordinat geografis dan khususnya daerah di mana bumi dibagi oleh kalangan paralel.
"Sebuah zona panas terik: daerah antara parallels lintang 23 º 'Utara dan 23 º 27' 27 Selatan dan bertepatan dengan deklinasi maksimum dan minimum dari Matahari, dan karena itu, bintang ini mencapai ketinggian di daerah ini mencapai penyelesaian di zenit dua kali setahun. Oleh karena itu, sinar matahari hampir normal pada daerah tersebut dan yang paling hangat.
"Dua zona beriklim sedang adalah mereka yang terbatas pada daerah tropis dan lingkaran kutub. Di sana, sinar matahari lebih miring, matahari tidak pernah memuncak di zenit dan dengan meningkatnya lintang matahari mencapai ketinggian yang lebih rendah dan oleh karena itu temperatur di daerah ini lebih rendah dari sebelumnya.
- Area gletser: mereka sangat ekstrim antara lingkaran kutub dan kutub. Di sana, sinar matahari mempengaruhi sangat miring, pemanasan sedikit. Pada kawasan tersebut malam hari dan memiliki durasi yang lebih panjang, semakin besar lintang tinggi, mencapai kutub di malam dan hari dengan durasi enam bulan, walaupun ada matahari terbenam yang berlangsung selama sekitar dua bulan, kami mengacu pada Midnight Sun.
4.Meridianos: adalah melewati lingkaran kutub.
Di antara yang tak terhitung jumlahnya berbeda terutama meridian Meridian yang melalui titik di mana pengamat. Dengan asumsi bahwa pengamat adalah di sebelah barat oleh meridian adalah PnOpsPn tersebut.
Kutub split meridian ini dalam dua bagian, setengah melewati pengamat (PnOPs) disebut meridian atas, setengah lainnya disebut meridian inferior. Secara umum, ketika kita berbicara hanya dari meridian kita mengacu pada meridian unggul.
Prime Meridian: meridian ini diambil sebagai sumber untuk mengukur panjang, sekarang adalah Greenwich Meridian, nama untuk observatorium untuk masuk ke dalam kota Inggris. Oleh karena itu, sama berbicara tentang meridian Greenwich pertama. Meridian Greenwich adalah juga dibagi menjadi bagian atas (PnGPs) dan meridian bawah adalah sebaliknya.






1.5 Koordinat Lintang dan Bujur
 
Dijelaskan lingkaran ini bisa mempelajari koordinat geografis atau tanah "Lintang" dan "panjang."
Lintang: adalah tempat busur meridian dari Ekuador ke titik di mana pengamat. Apakah diwakili oleh huruf f atau dengan l. Latitude selalu kurang dari 90 derajat lintang utara dan disebut pengamat atau tempat ini di belahan bumi utara dan lintang selatan dipanggil saat di belahan bumi selatan. Dalam perhitungan garis lintang utara diberikan tanda positif dan lintang selatan negatif. Titik-titik berada di lintang yang sama di paralel yang sama.
Colatitude, dan disebut komplemen dari garis lintang (c = 90 ° - f), karena itu, adalah busur dari meridian antara pengamat dan tiang dari nama yang sama dengan lintang.


Durasi: adalah busur dari Ekuador mengatakan dari atas Greenwich meridian ke meridian di atas situs tersebut. Ada kurang dari 180 derajat, memanggil bujur Barat (W) bila dilihat dari luar bumi dan Kutub Utara sampai, tempat yang di sebelah kiri dari meridian Greenwich dan bujur di atas (E) jika, dalam kondisi tersebut, tempat ini di bagian kanan atas dari meridian Greenwich. Kita dapat mengatakan bahwa paralel adalah lokus titik-titik yang memiliki lintang sama dan meridian adalah lokus titik-titik memiliki panjang yang sama. Diwakili oleh simbol L.
Mengetahui koordinat (f, L), kita dapat menemukan titik di mana kita berada di permukaan bumi. Untuk dibutuhkan di Ekuador dari atas panjang busur meridian Greenwich sama dengan, jika di atas Kutub Utara ke kiri jika bujur Barat atau kanan jika bujur, dalam kasus Polo selatan Facebook indra yang berlawanan. Pada akhir busur menelusuri meridian tempat itu. Pada meridian tempat mengambil busur sama dengan lintang, titik ditandai sesuai dengan koordinat dikenal.

1.6 Lingkungan Langit
 
Bintang-bintang tersebar ke dalam ruang pada jarak sangat besar dari Bumi dan juga setiap orang berada pada jarak yang berbeda dari yang lain. Sepertinya kita bahwa adalah daerah semua bintang yang ditemukan dalam. Karena mereka adalah bintang-bintang begitu jauh, pengamat dari Bumi tidak menghargai bahwa beberapa lebih dekat dari yang lain, tetapi tampaknya bahwa setiap orang adalah jarak yang sama.
Untuk mengatasi masalah yang paling astronomi diasumsikan bahwa penampilan ini benar, yaitu bahwa semua bintang berada dalam bulat besar dengan jari-jari sewenang-wenang yang disebut bola langit.
Salah satu tempat menarik terbesar untuk dimulainya dalam hobi astronomi biasanya merupakan panduan dalam lingkup langit: bagaimana untuk mengamati objek yang posisinya diketahui sebelumnya dari sebuah atlas, atau menyimpulkan perkiraan posisi objek yang kita amati untuk mengidentifikasi. Untuk mencari benda-benda langit membutuhkan sistem koordinat. Mengetahui koordinat bintang di langit kita bisa mengidentifikasi, baik secara langsung melalui teleskop kami pengaturan lingkaran atau tidak langsung melalui grafik surgawi.
 
Lokasi objek langit di langit hanya memerlukan mengetahui arah yang kita berikan kepada teleskop kami, karena untuk melihat tidak perlu mengetahui jarak Anda. Untuk alasan ini kami memperkenalkan konsep bola langit: sebuah bola imajiner radius sewenang-wenang berpusat pada pengamat, yang diproyeksikan pada benda-benda angkasa. Sistem koordinat kita gunakan pada bola langit akan serupa dengan yang digunakan untuk menentukan posisi di permukaan bumi bulat sistem koordinat. Di permukaan bumi digunakan bujur dan lintang bumi. Menurut pusat untuk mengambil bola langit, ada tiga jenis bidang: langit 1.Esfera lokal (topocentric): pusat adalah mata yang melihatnya. Apakah yang kita lihat, pada suatu saat tertentu kita melihat satu setengah dari daerah ini, yang ada di cakrawala kita.
Geosentris 2.Esfera langit: adalah pusat bumi.
Heliosentris langit 3.Esfera: pusat adalah matahari

1. 7 Sistem Koordinat
 
Untuk lingkup langit, memberikan beberapa definisi yang akan membantu kami memperkenalkan sistem koordinat.
Jika kita memperpanjang arah kutub poros dunia. Titik-titik persimpangan dari sumbu dunia dengan bola langit adalah tiang langit, tiang yang berada di atas cakrawala di belahan bumi utara adalah Kutub Utara, Kutub Utara dan Utara, yang bertepatan dengan Bintang Utara, yang lain disebut Kutub Selatan , Antartika atau Selatan.
Pesawat tegak lurus dengan sumbu dunia sebagai lahan Ekuador, dan persimpangan dengan bola langit adalah langit Ekuador. Bidang langit Ekuador membentuk dua belahan langit, belahan bumi utara atau Boreal, dan Selatan atau Southern Hemisphere. Ekuador pesawat sejajar dengan bola langit terbentuk pada kelompok-kelompok kecil atau lingkaran disebut paralel langit siang hari.
Tempat ini adalah arah vertikal gravitasi di situs tersebut dan memotong bola langit dalam dua titik yang disebut zenith dan nadir. Puncak ini terletak di atas pengamat dan nadir di bawahnya.
Cakrawala tempat itu adalah lingkaran besar dari bola langit, tegak lurus vertikal tempat itu. cakrawala membagi bola langit menjadi dua belahan: belahan bumi dan Upper atau Lower Belahan Visible dan Invisible.


Pada setiap lokasi akan sesuai suatu meridian, yang merupakan sumbu dibentuk oleh dunia dan garis ZN (puncak-nadir) dari tempat itu. Setiap pesawat melalui sumbu dunia adalah pada bola langit disebut lingkaran meridian langit. Ketika meridian ini melewati zenit dan tiang disebut meridian tempat itu.
meridian adalah garis persimpangan bidang cakrawala dan meridian tempat itu. Meridian atau garis utara-selatan memotong bola langit di dua titik berlawanan yang paling dekat dengan kutub utara disebut utara atau Septentrion dan ditunjuk dengan huruf N, sedangkan yang paling dekat dengan kutub selatan disebut Selatan atau Zuhur dan ditunjuk dengan huruf S. Garis tegak lurus ke meridian di lingkup langit sebagai kardinal poin Timur atau Barat, yang pertama ditunjuk oleh huruf E, sedangkan yang kedua dengan huruf W.
Sebuah lingkaran kecil yang sejajar bola langit ke cakrawala disebut Almucantarates.
Terbitnya bintang ada di cakrawala meninggalkan tempat itu, dan bintang senja adalah menempatkan di cakrawala. Perjalanan bintang pada meridian tempat disebut puncak atas atau transit meridian.

1. 8 Benda Langit dan Gerakan Jelas Mereka
 
Menurut penampilan, Bumi tampaknya stasioner, sedangkan sekitar semua benda langit berputar sekitar 24 jam. Jika digunakan sebagai sistem sumber referensi topocentric, yang dianggap pengamat menduduki pusat alam semesta, kita menemukan bahwa matahari, bulan, planet-planet dan bintang-bintang berputar di sekitar kita. Ini benda-benda langit bergerak dari Timur ke Barat, memberi kesan bahwa langit berputar mengelilingi bumi, padahal bumi yang berputar mengelilingi porosnya sendiri, di Barat-Timur.
Jika kita melihat bintang-bintang selama berjam-jam kita akan melihat sebuah gerakan bersama tanpa mengubah bentuk rasi bintang. Bintang-bintang yang naik ke arah timur, sementara mereka yang sedang bergerak ke selatan ke barat, dan mereka ke barat sampai ke cakrawala menghilang. Polaris hanya yang tampaknya tidak menyala, namun pada kenyataannya jika Anda membuat putaran penuh, sangat kecil sehingga mata telanjang tampaknya kita masih.
Pada titik tetap Polaris orientasi, diakui bahwa semua gerakan bersama dari bintang-bintang berlangsung dalam arah yang berlawanan searah jarum jam (arah maju).
Jika Anda melihat di tempat yang menempati di langit konstelasi diberikan pada waktu tertentu (misalnya Biduk pukul 10 malam di musim dingin), pada hari berikutnya pada waktu yang sama, kita tidak menyadari dan kita tampaknya berada di tempat yang sama, tapi benar-benar setiap hari di hampir 4 menit, disebut bintang hari, yang nilainya persis 23 jam, 56 menit, 4091 detik), setara dengan busur 1. Setiap 15 hari ke depan 1 jam, setara dengan busur 15 derajat, maka penampilan langit tidak lagi sama, dan enam bulan, Biduk akan ditemukan dalam arah yang berlawanan, mencapai titik yang sama asal selama enam bulan nanti. Hal yang sama akan terjadi dengan konstelasi bintang lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa Bumi bergerak mengelilingi matahari dan setelah satu tahun kita melihat rasi bintang yang berbeda. Lihat di animasi ini gerakan jelas rasi sirkumpolar sekitar sumbu dunia atau Celestial Kutub Utara.


1.9 Hari Sidereal
 
Pada bintang hari adalah waktu antara dua ayat berturut-turut bintang pada meridian tempat itu dan durasinya bertepatan dengan periode rotasi bumi. Hari matahari sebenarnya adalah waktu antara dua langkah berturut-turut dari pusat matahari melintasi meridian tempat (durasi adalah 24 jam.) Matahari mencapai Selatan tentang setiap hari pukul 12 siang, tapi bintang mencapai posisi yang sama setiap hari, empat menit sebelum Matahari, dan gerak translasi karena hari matahari yang benar adalah sekitar 4 menit lebih lama daripada sidereal.
 
Fakta yang kita lihat rasi bintang yang berbeda di musim yang berbeda, merupakan hasil dari rangkaian Matahari pada bola langit. Kita hanya bisa melihat bintang di bagian langit yang jauh dari Matahari ketika bergerak melintasi langit di arah timur, semakin meliputi beberapa rasi bintang dan lain-lain menunjukkan.
Gambar ini merupakan hasil dari perbedaan antara waktu sidereal dan waktu matahari.


Sebagai contoh, pada bulan Juni matahari adalah bagian dari melewati ekliptika melalui Taurus dan, selama beberapa bulan sebelum dan setelah tanggal tersebut, konstelasi terletak di langit diterangi. Pada bulan Desember, ketika matahari telah bergerak ke sisi berlawanan dari surga, Taurus bersinar terang di tengah malam di langit selatan. Terjemahan ini merupakan konsekuensi dari perbedaan antara waktu sidereal dan waktu matahari. Dalam gambar ini kita melihat jejak-jejak bintang dicatat dalam pengambilan foto tanpa pelacakan mesin.


1.10 Posisi dari Polaris untuk Lintang
 
Jika pengamat berada dalam garis lintang utara-pertengahan, seperti Spanyol, kami menganggap bahwa lintang rata-rata 40 º N, Polaris muncul 40 derajat di atas cakrawala utara. Kita melihat bahwa bintang-bintang menggambarkan pergerakan sepanjang jalannya (disebut gerak diurnal), beberapa memotong cakrawala tempat pengamatan, sehingga kita keluar, lengkap dan kemudian bersembunyi. Bintang-bintang yang jauh di bawah 40 derajat kutub langit tidak akan pernah, bintang-bintang ini tidak meninggalkan atau meletakkan pernah, selalu di cakrawala dan selalu melihat, disebut bintang sirkumpolar contoh yang khas konstelasi Ursa Major, Ursa Minor, Cassiopeia, Draco, dll. Nama "bintang sirkumpolar" adalah relatif karena bervariasi tergantung pada lintang pengamat. Cenderung ke arah cakrawala selatan, kita menemukan bahwa kita tidak pernah bisa melihat bintang-bintang pada jarak pendek 40 ° Kutub Selatan, yang penurunan adalah -50 º. Dalam prakteknya, karena atmosfer, batas tersebut berkurang.
Ini berarti bahwa benda jauh di selatan sebagai Awan Magellan dan benda-benda langit lainnya terus-menerus tersembunyi dari pandangan. Jika pengamat adalah di Kutub Utara menjelaskan semua bintang lingkaran sejajar dengan cakrawala, tidak ada bintang keluar atau dibuat, yaitu, pernah melihat bintang-bintang baru. Polaris berada di kepala pengamat ke zenit, menunjuk ke arah poros bumi. Menerus melihat persis setengah dari bola langit, sementara seseorang berdiri di Kutub Selatan akan memiliki visi yang sama dari setengah lainnya lingkup langit. Jika pengamat adalah di Ekuador, bisa melihat hampir semua bintang menggambarkan lingkaran di sekitar garis meridian dan semua bintang keluar dan set, kecuali Polar.
 
Bulan juga memberikan kesan yang terjadi lingkaran sempurna di sekitar Bumi. Selain gerakan bersama dari langit bulan dilengkapi dengan gerakan yang tepat dari timur ke barat. Kita bisa melihat bahwa setiap pergeseran jam di hampir setengah diameternya, ditempatkan sekitar 49 menit kemudian setiap hari, atau memindahkan sekitar 13 derajat setiap hari. Dalam gambar ini kita melihat lintasan bintang-bintang menurut garis lintang.


Planet-planet bergerak ganda pada bola langit: di satu sisi, berpartisipasi dalam gerakan diurnal dari langit bergerak dari timur ke barat, dan di sisi lain memiliki gerak yang tepat dari barat ke timur.
Jika diamati dan dicatat dalam posisi bintang atlas, kita dapat melihat bahwa planet-planet bergerak ke arah barat-timur terhadap bintang-bintang yang muncul hampir stasioner. Tapi gerakannya tidak teratur, tapi terganggu oleh masa-masa masih berdiri selama beberapa hari, kemudian bergerak ke arah yang berlawanan, dari timur ke barat (disebut gerak retrograde), dan kemudian mengikuti rute normal, arah Timur-Barat yaitu . Gerakan-gerakan ini karena kombinasi dari pergeseran bumi dan planet mengelilingi matahari

1,11 Pergerakan Matahari di Bola Langit



Titik-titik di mana mereka keluar dari cakrawala (matahari terbit) dan set (matahari terbenam) Matahari selalu berubah dalam perjalanan tahun.
21 Maret ketika vernal equinox, matahari terbit di set timur dan di Barat. Seperti hari-hari, titik-titik ini lari ke arah utara, pertama dengan cepat, lalu perlahan-lahan, sampai 21 Juni ketika titik balik matahari musim panas, ketika matahari mencapai ketinggian maksimum.
Pada 21 Juni poin jauh dari Utara dan lebih dekat dengan timur dan barat, yang lagi-lagi menempati posisi 22 atau 23 September, ekuinoks musim gugur. Setelah mendekati titik selatan, sampai dengan 22, titik balik matahari musim dingin Desember, yang sedang pergi kemudian. Setelah satu tahun, sekali lagi bertepatan dengan poin timur atau barat.
 
Jika Anda membangun perangkat yang disebut Gnomon (instrumen penting dari perhitungan astronomi) yang terdiri dari batang yang diletakkan secara vertikal di tanah, adalah mungkin untuk mengukur jarak antara bayangan oleh probe dan panjang batang. Dengan perhitungan trigonometri sederhana dengan menggunakan rumus:
panjang = tang rod / panjang bayangan


Menentukan sudut yang memberi kita tinggi matahari di atas cakrawala setiap saat.
Konsekuensi dari gerakan diurnal, bayangan batang bergerak di bidang horizontal dan melintasi utara-selatan ketika matahari melewati garis meridian tempat itu, hal itu terjadi di siang hari (saat ketika matahari mencapai puncak atasnya dan ketika di bagian bawah bilang itu tengah malam.
Pada tanggal 21 Desember, titik balik matahari musim dingin, bayangan batang maksimum, matahari yang rendah di cakrawala, sementara titik balik matahari musim panas 21 Juni, bayangan batang adalah karena minimal untuk tinggi tinggi dicapai oleh matahari di cakrawala.
Satu hari sebelum matahari melintasi Ekuador pada tanggal 21 Maret deklinasi negatif, hari berikutnya (Maret 21) deklinasi adalah nol pada saat itu matahari bertepatan dengan Point Aries. Hari panjang akan sama dengan yang malam. Pada hari-hari setelah d del Sol adalah positif, menindaklanjuti sampai Anda mencapai 23 º d 27 ", dengan Matahari saat itu pada titik balik matahari musim panas atau Tropic of Cancer. Di belahan bumi utara hari itu adalah malam terpanjang tahun dan terpendek. Sejak saat itu penurunan Matahari mulai menurun sampai d = 0 lagi pada tanggal 21 September, bertepatan dengan berlalunya Matahari dengan titik Libra, di mana waktu lagi panjang hari sama malam . Penurunan terus menurun, sekarang dengan nilai negatif, sampai Winter Solstice atau Tropic of Capricorn (21 Desember) mencapai nilai d = deklinasi -23 ° 27 ', suatu periode yang berhubungan dengan malam dan hari-hari terpanjang pendek.




1,12 Kembalinya Siklus Musim
 
Sumbu rotasi bumi adalah dipertahankan sepanjang tahun menunjuk pada wilayah tertentu dari lingkup langit, ditandai dengan kedekatan Bintang Utara. Musim terjadi karena sumbu Bumi dimiringkan 23 ° 27 'terhadap bidang orbitnya.
 
Musim bervariasi dari satu ekstrem ke dunia lain. Di daerah beriklim lebih dari belahan utara dan selatan mengenal empat musim (musim semi, panas, musim gugur dan musim dingin).
Dalam Utara dan Selatan Polandia hanya dua musim (musim dingin dan musim panas), sedangkan di negara-negara tropis khatulistiwa dan stasiun dibagi menjadi periode tersebut ketika ada kekeringan atau hujan.
solstice adalah saat satu ketika Matahari adalah salah satu dari dua daerah tropis.
Hal ini terjadi pada tanggal 21 Juni sampai Tropic of Cancer dan Desember 21 untuk Tropic of Capricorn. Solstice Desember lalu, di belahan bumi utara, hari itu adalah terpendek dan malam terpanjang tahun dan di belahan bumi selatan, malam hari terpendek dan terpanjang. Solstice Juni ini, di belahan bumi utara, hari adalah terpanjang dan malam terpendek tahun dan di belahan bumi selatan, hari terpendek dan malam terpanjang.
 
Equinox adalah saat ketika, karena matahari di Ekuador, hari dan malam adalah sama di seluruh bumi, yang terjadi setiap tahun pada tanggal 21 Maret dan 22-23 September.
Lintang dari daerah tropis tidak bisa lain selain 23 ° 27 ', seperti yang dari lingkaran kutub adalah 66 º 33', yaitu 90 º - 23 º 27 '.
Bumi dalam gerak tahunannya mengelilingi Matahari, yang menyebabkan berbagai jenis pencahayaan. Kedua ujung berlawanan pencahayaan terestrial solstis musim panas dan musim dingin, dengan ekuinoks musim semi dan musim gugur identik dalam pencahayaan tanah.
Solstices dan ekuinoks total empat momen yang setiap tahunnya menghasilkan perubahan musim. Perubahan dari satu musim ke musim, dan sebuah negara matahari lain tidak terjadi tiba-tiba, rotasi yang sama dan gerakan translasi bumi menghasilkan suatu perubahan stabil dan bertahap yang terjadi dengan melewati berikutnya dari hari, minggu dan bulan.
 
Di daerah dekat kutub, pada 21 Maret Kutub Utara akan menerima sinar matahari, sementara Kutub Selatan itu gelap selama sekitar enam bulan. Setiap rotasi Bumi, Matahari tetap terlihat di ufuk selama 24 jam sementara hari berikutnya akan muncul yang lebih tinggi di langit. Setelah memuncak sekitar bulan Juni 21 ketinggian maksimum di atas cakrawala, Matahari akan mulai gerakan ke bawah lambat, hampir spiral dilihat dari tiang, yang lagi-lagi akan membawa Anda ke cakrawala atau sekitar 23 September. Selama enam bulan berikutnya, sinar matahari tidak akan jatuh dan lebih dari Kutub Utara, dengan Selatan yang menikmati hari yang panjang dengan enam bulan cahaya atau sinar matahari.


Pada lintang menengah, 21 Maret, Matahari akan terlihat selama 12 jam dan banyak di malam hari. Antara bulan dari April hingga Juni sinar matahari hangat tanah selama lebih dari 12 jam dan bintang akan muncul di setiap sore, lebih tinggi dan lebih tinggi di atas cakrawala, hingga 21 Juni ketinggian maksimum. Antara Juni dan Desember, Matahari muncul dalam pada tengah hari, lebih rendah dan lebih rendah, pada 23 September akan berada di equinox musim gugur untuk melanjutkan gerakan ke bawah sampai 21 Desember untuk mencapai ketinggian minimum di atas cakrawala , tetapi hari berikutnya untuk membuat perjalanan kembali sampai tahun baru.
 
Di Ekuador, jam akan selalu sama sepanjang tahun. Karena pergerakan Matahari dalam orbitnya (Bumi sekitar anda) pada ekliptika, dan sebagai hukum kedua Kepler, kecepatannya tidak konstan dan variasi ini menimbulkan panjang musim yang tidak merata, karena hal ini akan mempercepat maksimal dekat perihelion (titik terdekat ke Matahari sepanjang garis edarnya) selama 2 atau 3 Januari dan minimum pada aphelion (titik terjauh dari Matahari sepanjang garis edarnya) 2 atau 3 Juli .
Tanggal dimulainya stasiun bervariasi selama dua hari dibandingkan dengan tahun tropis, yang didefinisikan sebagai interval antara dua langkah berturut-turut Matahari di Pemukiman Aries, berlangsung berarti 365.2422 hari surya. Fraksi hari (0,2422) yang terakumulasi setiap tahun sama dengan enam jam, dan setiap empat tahun sebesar satu hari, itu sudah pulih kembali di tahun kabisat, menambah Februari dan karena itu bergerak satu hari di awal berikut stasiun. Mari kita lihat grafik kembali siklus musim.


1,13 Aries Intinya Ekliptik
 
Lintasan Matahari pada bola langit disebut ekliptika. Jalan ini pada bola langit adalah sebuah lingkaran yang membentuk dengan Ekuador biru sudut 23 ° 27 'Matahari disebut memiringkan atau arah miring dari ekliptika.
Nama Ekliptika berasal dari fakta bahwa gerhana yang mungkin hanya saat bulan di ekliptika atau dekat dengan itu, yaitu apa yang disebut node.
 
Dalam Ekliptika menyoroti empat hal penting: titik di mana matahari mencapai ketinggian maksimum di belahan bumi utara Ekuador, terjadi pada tanggal 21 dan menandai hari yang musim panas dimulai di belahan bumi utara, sementara di belahan bumi selatan Matahari mencapai titik terendah dan menandai awal musim dingin.  Setelah kursus jelas nya, 22 September, Matahari melintasi posisi Ekuador titik angkasa bebas (W), sesuai dengan masukan dari belahan utara dan musim gugur awal musim semi di belahan bumi selatan. matahari kami terus karirnya dan 21 Desember mencapai titik terendah dari belahan bumi utara menandai awal musim dingin dan lebih tinggi di belahan bumi selatan menunjukkan awal musim panas. Setelah jejak jalan matahari untuk belahan bumi utara dan melintasi Ekuador surgawi pada tanggal 21 Maret, awal musim semi di belahan bumi utara dan musim gugur di belahan bumi selatan. Matahari adalah pada hari itu disebut Aries Point (g). Akhirnya, matahari membuat jalan sampai dengan titik tertinggi pada tanggal 21 Juni, yang telah membuat siklus lengkap.
 
Aries Point atau Point Vernal .- Ekuador adalah persimpangan ecliptic atau titik dari langit mana matahari muncul di bagian instan vernal equinox pada tanggal 21 Maret.



1.14 The Zodiac
 
Zodiac .- Daerah ini dibatasi oleh dua pesawat sejajar dengan ekliptika, yang jarak sudut 16 º. Kata zodiak datang bahasa Yunani dan berarti "Animal House", merujuk pada nama kedua belas rasi bintang. Semua planet (kecuali Pluto) memiliki orbit yang kecenderungan untuk Ekliptika kurang dari 8, sehingga dalam bergerak zodiak di planet-planet tata surya dan asteroid atau planet minor.
Bayangkan sebuah titik referensi, butir g dan anggaplah bahwa matahari dibutuhkan satu tahun untuk melewati dua kali melalui titik yang sama g (disebut tahun tropis), setiap hari Matahari akan melakukan perjalanan rata-rata 1 º. Kemudian setiap bulan, Matahari akan mencakup area seluas sekitar 30 derajat. Konstelasi bintang pada saat itu, 2.000 tahun yang lalu, melintasi Matahari setiap bulan, ada telah sesuai untuk setiap dari dua belas bulan dalam setahun.
 
Konstelasi Aries di mana ia melewati Matahari pada tanggal 21 Maret, karena presesi dari, adalah offset sekitar 30 derajat, dengan semua rasi berjalan tempat itu. Hari ini pada tanggal 21 Maret Matahari diproyeksikan pada Pisces. Ini dianggap nyaman untuk terus menelepon Aries ke titik di mana matahari hari itu (sebagai d = 0 dan awal musim semi) walaupun tidak sesuai dengan konstelasi di mana proyek.
Selama sebulan Matahari diproyeksikan ke konstelasi, bulan berikutnya pada konstelasi lain dan seterusnya sampai tur tengah malam dalam satu tahun, yang namanya:
Aries, Taurus, Gemini, Cancer, Leo, Virgo, Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius dan Pisces .


1.15 Koordinat Astronomi
 
Horisontal Koordinat tersebut sehubungan dengan cakrawala pengamat. Asal koordinat adalah fundamental topocentric yang merupakan sumbu vertikal tempat (baris berikut arah garis tegak lurus.) Titik persimpangan dengan bola langit di atas pengamat adalah zenit, sedangkan sebaliknya adalah titik nadir.
Lingkaran dasar cakrawala tempat itu. Sejajar lingkaran kecil untuk cakrawala tempat itu disebut almucantarates dan setengah lingkaran maksimum melewati puncak, nadir dan bintang khusus yang disebut lingkaran vertikal atau vertikal bintang.
 
Horisontal Koordinat tinggi (ketinggian) dan azimuth. ketinggian adalah ketinggian matahari di atas cakrawala (semidiameter busur vertikal dari cakrawala tempat dan pusat bintang), diukur dari 0 derajat hingga 90 derajat dari cakrawala, dan memiliki tanda positif bagi bintang-bintang terletak di atas cakrawala dan negatif bagi mereka yang di bawahnya, yang diwakili oleh huruf h. Hal ini juga digunakan sebagai pengganti tinggi, jarak zenit adalah busur semi-diameter vertikal dari zenit dan pusat bintang. Apakah diwakili oleh Z dan berhubungan dengan tinggi oleh persamaan:
h = 90 º - Z azimut adalah busur cakrawala diukur dalam arah mundur dari selatan ke titik vertikal bintang. Nilainya berkisar dari 0 º sampai 360 º dan diwakili oleh huruf A atau a.  Horizontal sistem koordinat, ketinggian dan azimut bintang-bintang bervariasi oleh rotasi bumi dan menurut cakrawala pengamat.
Sumbu ini adalah mereka dengan teleskop azimuth mount. Berikut adalah gambar dari jenis koordinat.


1,16 Khatulistiwa Koordinat Waktu Setempat
 
Asal usul khatulistiwa koordinat atau waktu lokal adalah pusat bumi, yaitu sistem geosentris.
landasan adalah poros dunia, yang memotong wilayah angkasa pada dua titik yang disebut kutub. Pesawat mendasar adalah Ekuador langit, dan Ekuador lingkaran kecil sejajar dengan langit disebut paralel atau angkasa lingkaran deklinasi diurnal.
 
Koordinat waktu .- Ini adalah sudut jam dan penolakan. Sudut jam busur dari langit retrograd Ekuador diukur dari titik persimpangan meridian tempat dengan Ekuador hingga lingkaran jam bintang, diukur dalam jam, menit dan detik dari 0 jam sampai 24 jam dan diwakili oleh H.
Penurunan tersebut adalah busur lingkaran jam dari langit Ekuador dan pusat dari tubuh, diukur dari 0 derajat hingga 90 derajat dari Ekuador, nilainya positif ketika itu sesuai dengan sebuah bintang yang terletak di belahan bumi utara, dan negatif bila belahan bumi selatan, diwakili oleh d.
Alih-alih menurun jarak kutub diukur, adalah busur dari lingkaran waktu yang diukur dari kutub utara ke pusat bintang. Apakah diwakili oleh p berkaitan dengan penurunan dengan rumus:
p + d = 90
Waktu dapat dinyatakan dalam satuan sudut. Mari kita lihat:
"Waktu 1 jam sesuai dengan sudut 15 º
"Sudut jam 1 menit sesuai dengan 15 '
"Sudut jam 1 detik sesuai dengan 15.''
-1 ° sudut sesuai dengan waktu 4 menit.
-1 'Setara ke sudut jam 4 detik.
-1''Setara dengan sudut jam 1 / 15 detik.
Sudut jam dihitung dari saat matahari bagian oleh vertikal tempat itu.




1,17 ini Mutlak Koordinat Ekuator
 
Khatulistiwa mutlak Koordinat mengacu pada Sky Ekuador. Muncul dari kelemahan penggunaan lokal khatulistiwa koordinat. Landasan adalah poros dunia, yang memotong wilayah angkasa pada dua titik yang disebut kutub. Pesawat mendasar adalah Ekuador langit, dan lingkaran kecil paralel untuk itu adalah lingkaran paralel biru atau hari penurunan.
 
Khatulistiwa mutlak Koordinat: deklinasi dan kenaikan yang tepat. Penurunan (d) telah didefinisikan dalam waktu sistem koordinat. kenaikan Hak busur langit Ekuador diukur dalam arah ke depan dari Point Aries ke meridian yang berisi matahari. Bervariasi dari 0 jam untuk 24 jam dan sebelumnya diwakili oleh AR
Tapi hari ini diwakili oleh a. Kenaikan yang tepat adalah berkaitan dengan sudut jam persamaan mendasar Astronomi Posisi.
t = a + H
Dimana t adalah jam sidereal. Koordinat ini bersifat universal karena mereka tergantung baik tempat maupun saat observasi.


1,18 Ekliptik Koordinat
 
Ekliptika koordinat koordinat adalah mereka yang disebut ekliptika. Apakah yang paling berguna untuk studi
posisi planet saat bergerak di dalam band dari ekliptika. Inti disebut sumbu ekliptika memotong bola langit dalam dua titik yang disebut kutub ekliptika. Lingkaran dasar ekliptika. setengah lingkaran maksimum melewati kutub disebut panjang maksimum termasuk salah satu yang berjalan melalui Point Aries bernama panjang maksimal pertama. Parallels disebut parallels lintang langit. Ekliptika koordinat bujur dan lintang langit biru.
 
Celestial bujur disebut busur ecliptic diukur dalam arti langsung, mulai dari Point Aries dengan panjang maksimal bintang, diukur dalam derajat dari 0 º sampai 360 º, dan diwakili oleh l.
Lintang langit adalah panjang busur naik melalui tubuh dari ekliptika dan pusat dari tubuh, diukur dari ekliptika. Nilainya berkisar antara 0 º dan 90 º dan diwakili oleh b.
Dalam sistem ini tidak pernah mengambil jarak dari kutub ekliptika.







Sumber: http://www.elcielodelmes.com